TENTANG KAMI

Profil Singkat 

Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Sumatera Selatan yang lebih umum disingkat sebagai Forum DAS Sumsel merupakan Forum Koordinasi Pengelolaan DAS yang berkedudukan di tingkat provinsi Sumatera Selatan. Forum ini terbentuk pada tahun 2010 atas inisiasi Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan dan Balai Pengelolaan DAS Musi.Deklarasi berdirinya Forum DAS Sumsel dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2010 di Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin oleh Wakil Gubernur Sumsel dalam acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup.

Dasar hukum berdirinya Forum DAS Sumsel yaitu Surat Keputusan Gubernur Sumsel Nomor: 818/KPTS/IV/2010 tentang Pembentukan Forum DAS dan Kepengurusan Forum DAS Sumatera Selatan periode 2010-2015 tanggal 16 November 2010. Saat ini Forum DAS Sumsel telah memasuki Periode Kepengurusan kedua yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 85/KPTS/DISHUT/2016 tanggal 21 Januari 2016. Kepengurusan Forum DAS Sumsel terdiri dari unsur Akademisi, Swasta, LSM, media dan instansi Pemerintah.

VISI DAN MISI 

Visi Forum DAS Sumsel yaitu adalah menjadi Forum DAS yang profesional, transparan, partisipatif, dan akuntabel untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Misi yang akan dilakukan sesuai visi dari Forum DAS Sumatera Selatan, yaitu :

  1. Forum koordinasi multipihak berbasis komitmen bersama  yang kuat untuk mengelola ekosistem DAS,
  2. Bekerja secara profesional, transparan, partisipatif, dan akuntabel,
  3. Mitra kerja pemerintah dan swasta yang berfungsi untuk membantu memecahkan permasalahan yang timbul dan merumuskannya secara bersama-sama dalam wilayah DAS,
  4. Mengintegrasikan berbagai program antar pemerintah daerah dan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama, dan
  5. Mendayagunakan peran aktif masyarakat dalam pengelolaan DAS dengan strategi memanusiakan manusia.

Tujuan Forum DAS Sumsel yaitu:

  1. Menjadi wadah koordinasi multipihak berbasis komitmen bersama  yang kuat untuk mengelola ekosistem DAS
  2. Menjadi forum untuk melakukan kajian, konsultasi, koordinasi, dan komunikasi dalam rangka terwujudnya keterpaduan dan keserasian dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, monitoring dan evaluasi DAS di Sumatera Selatan
  3. Menjadi mitra kerja pemerintah dan swasta dalam memecahkan permasalahan dan merumuskannya dalam wilayah DAS
  4. Merjadi integrasi program dan kegiatan antar pemerintah daerah untuk keberlanjutan sistem DAS di Sumsel