Senin, 07 Oktober 2019.

Forum DAS Sumsel mendapatkan kehormatan untuk memanam Mangrove bersama Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S,I,P., M. Hum., dan LANAL Palembang di wilayah Pesisir Pantai Tanjung Api-api Desa Muara Sungsang Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) yang digelar secara serentak dalam rangka pemecahan rekor MURI penanaman 4.500 pohon Mangrove sekaligus memeriahkan HUT Ke-74 TNI.

Dipilihnya pohon Mangrove dikarenakan tumbuhan ini memiliki akar yang kuat dan saling terhubung antara tumbuhan induk satu dengan tumbuhan induk lainnya, membentuk jalinan dan rumpun akar yang mampu menahan ombak sehingga kawasan pesisir terhindar dari bahaya erosi.

Hutan mangrove selain mampu melindungi kawasan pantai juga mampu menghidupi ekosistem di sekitarnya, Selain itu, Penanaman bibit mangrove merupakan ekosistem esensial di dunia dalam mendukung sektor perikanan, mengurangi erosi pantai, sebagai upaya konservasi keanekaragaman hayati serta menyediakan sumber mata pencaharian bagi banyak orang.

TNI memang sudah sangat dikenal sebagai institusi yang peduli terhadap lingkungan, dan pada kesempatan ini TNI memecahkan rekor MURI Penanaman Mangrove Terbanyak Serentak di 74 Titik Wilayah Indonesia yaitu sebanyak 300.074 pohon mangrove.

Penerimaan penghargaan dari MURI diserahkan secara langsung oleh Senior Manager MURI Yusuf Ngadri secara simbolis kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara pada hari yang sama.

Dalam aksi ini Forum DAS Sumsel mengirim 15 pesonel termasuk Laskar Muda Forum DAS Sumsel untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan Penanaman Mangrove tsb.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here