Sebagai generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa di masa depan, pelajar memang harus bisa peduli dan mencintai lingkungan. Namun masih banyak di era globalisasi ini pelajar yang masih belum sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan bagi kelangsungan hidup manusia.

Hal inilah yang menjadi tujuan dilaksanakannya kegiatan “Laskar Muda Fordas Sumsel Goes to Shcool” pada hari Sabtu tanggal 13 Oktober 2018 di SMK Negeri 2 Palembang. Hadir sebagai pembicara Ketua GAPKI Sumsel Harry Hartanto, WRI Indonesia dan ZSL-KELOLA SENDANG.

Menurut Joni Pahamsyah selaku Ketua Panitia dari Laskar Muda bahwa tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan dan sharing informasi kepada siswa-siswi sekolah kejuruan tentang pengelolaan DAS. Kegiatan ini juga memberi kesempatan kepada kawan-kawan pelajar untuk dapat bergabung menjadi Laskar Muda Forum DAS Sumsel. Pelajar yang menjadi harapan bangsa diharapkan terbuka pemikirannya akan darurat lingkungan dan sampah yang masih melekat. Rencananya kegiatan ini akan digelar di beberapa sekolah lainnya.

Dalam acara ini ketua Forum DAS Sumsel Dr. Syafrul Yunardy dalam sambutannya yang diwakili oleh Dr. Asmawati., M.Si menyatakan bahwa permasalahan lingkungan pada dasarnya tidak terlepas dari campur tangan manusia sebagai pengelola di dalamnya. Peran serta generasi muda sangatlah diharapkan karena mereka adalah ujung tombak pembangunan serta pemimpin di masa depan. Sayangnya lingkungan belum menjadi isu menarik dalam pemberitaan media. Di era teknologi komunikasi yang semakin canggih, dan jangkauan internet yang terus meluas, dapat dimaksimalkan untuk menanamkan terhadap lingkungan kepada pelajar.

Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Sumsel Harry Hartanto menyampaikan kepedualian terhadap lingkungan akan mendorong pengelolaan yang baik. Seperti di industri kelapa sawit. Pemanfaatan CPO (Crude Palm Oil), yaitu minyak sawit mentah yang berbeda dari minyak inti kelapa sawit sebagai energi terbarukan pun menjadi ilmu pengetahuan tambahan bagi siswa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here