Dalam rangka mendukung kegiatan Ramadhan Dinas Kehutanan “Rimbawan Berbagi Tahun 2018” Forum DAS Sumsel bersama dengan Laskar Muda mengadakan kegiatan yang bertajuk “Pekan Ramadhan Laskar Muda & Forum DAS Sumsel” berupa Lomba Jelajah Sampah yang diselenggarakan pada tanggal 7 Juni 2018 di Lapangan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan.

Penyelenggaraan kegiatan ini juga selain kegiatan tahunan di bulan Ramadhan, juga dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 2018. Lomba Jelajah sampah juga menjadi kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Forum DAS. Tujuannya untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda akan pentingnya lingkungan bagi kelangsungan hidup, mengkampanyekan perilaku peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, dan mengkampanyekan produk-produk hasil olahan masyarakat yang berasal dari sampah.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari ketua Palaksana, Ade Pratama yag juga sebagai Wakil ketua II Laskar Muda Forum DAS Sumsel. Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Forum DAS Sumsel Dr. Syafrul Yunardy, S.Hut., M.E sekaligus membuka acara. Pengarahan teknis kegiatan oleh Juri kegiatan lomba jelajah sampah dan daur ulang purun Yunita Dwi Hastuti, S.Hut.

Peserta dalam lomba ini berasal dari seluruh perguruan tinggi yang ada di kota Palembang, yaitu Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP); Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang; Universitas Palembang; STEBIS IGM; Universitas Sjakhyakirti; dan Politeknik Sriwijaya. Para peserta diwajibkan membuat kreasi daur ulang sampah dengan bahan utama dari tikar purun. Dari kegiatan ini kita bisa belajar cara memanfaatkan sampah dengan baik sehingga dapat menghasilkan karya yang baik pula serta bisa bernilai ekonomi jika ditekuni dengan baik.

Pemenang dalam lomba Jelajah Sampah tahun 2018 kali ini masih dipegang oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, yang pada tahun sebelumnya juga dipegang olehnya. Sedangkan juara kedua dari Universitas Palembang, dan Juara ketiga dari STEBIS IGM.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here