Forum DAS Sumsel Goes to Campus merupakan Program yang dilakukan bertujuan untuk lebih memperkenalkan kepada kaum muda khususnya mahasiswa-mahasiswi tentang pentingnya lingkungan bagi kelangsungan hidup. Tahun lalu (2017) Program Forum DAS Sumsel Goes to Campus ini sudah berlangsung di 5 Universitas di Kota Palembang, yaitu UIN Raden Fatah, Universitas IBA, Universitas IGM, Universitas Sriwijaya dan Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

Namun Kali ini Forum DAS Sumsel menyerahkan acara kepada anak kandungnya sendiri, Laskar Muda Forum DAS Sumsel. Tahun ini bertajuk Laskar Muda Forum DAS Sumsel Goes to Campus berlangsung di Universitas Binadharma dengan tema “Memaksimalkan Peran Media Digital dalam Upaya Pelestarian Lingkungan” yang diselenggarakan di Hotel Binadharma pada hari Sabtu, 19 Mei 2018. Acara ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan sekaligus mengajak mahasiswa agar peduli terhadap lingkungan sekitar dengan memanfaatkan media digital.

Dalam acara ini di hadiri oleh stakeholder  dan mahasiswa dari 3 jurusan yang berhubungan dengan teknologi yaitu, jurusan Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Rektor Universitas Bina Dharma, Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc berkesempatan hadir dan memberikan sambutan serta membuka acara menyatakan bahwa mendukung program tersebut karena mahasiswa harus turut peduli dan berperan terhadap kelestarian lingkungan. Menurutnya dengan adanya Laskar Muda Forum DAS ini, mahasiswa akan semakin kreatif mengembangkan teknologi untuk mengelola lingkungan. Selain itu, mewakili Forum DAS Sumsel  Ir. Ruli Joko Purwanto, M.P, Ketua Bidang Peningkatan Kapasitas dan Pemberdayaan Forum DAS menerangkan dalam sambutannya bahwa sebenarnya masih banyak masyarakat yang tidak tahu bahkan salah kaprah mengenai DAS itu sendiri. Banyak orang mengira DAS itu bantaran kanan kiri sungai, namun sebenarnya DAS itu adalah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungai yang fungsinya menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami.

Kegiatan Laskar Muda Forum DAS goes to Campus Binadharma ini, Forum DAS Sumsel turut menggandeng Mitra kerjanya yaitu, Paguyuban Sinarmas, Yayasan Belantara, dan WRI Indonesia cabang Palembang. Salah satu mitra Forum DAS, Manager Partnership Yayasan Belantara, Aditya Rakhman menjelaskan bahwa mereka mendukung Forum DAS untuk mensosialisasikan programnya. Setelah kegiatan ini nanti, mahasiswa diharapkan bisa menjadi ujung tombak bagi pelestarian lingkungan serta meningkatkan kapasitas atau kemampuan keilmuan mereka, terutama mahasiswa jurusan teknologi agar mampu mengembangkan ide kreatif untuk mengelola lingkungan secara modern menggunakan digital.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here