Memperingati hari Air Sedunia XXVI tahun 2018, Universitas Sriwijaya (UNSRI) mengadakan Seminar Nasional Hari Air Sedunia dengan tema “Pengelolaan Sumber Daya Air Secara Terpadu untuk Kemakmuran Rakyat” bertempat di Gedung Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya pada hari Selasa 20 Maret 2018.

Rektor Unsri, Anis Saggaff menyatakan bahwa Unsri memiliki beragam jurusan lingkungan, baik itu Magister (S2) hingga Doktor (S3), sehingga bisa melakukan penelitian terkait air supaya dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Tujuan diadakan seminar ini untuk mengumpulkan gagasan guna menjaga kelestarian air di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu, dalam acara ini juga Anis Saggaff menyatakan bahwa dalam seminar ini, ia memberikan kesempatan kepada dosen agar bisa melakukan publikasi nasional dan internasional yang terkait penelitian tentang air. Hasil penelitian tersebut bisa menjadi sebuah gagasan bagi pemerintah nantinya untuk mengelola air menjadi lebih baik. Anis Saggaff juga berharap sebagai lembaga pendidikan, UNSRI dapat memebrikan gagasan yang bersifat hasil penelitian terhadap pemerintah dengan memanfaatkan dan melestarikan air dengan maksimal dan baik. Karena jika dimanfaatkan dengan baik, fungsi air akan sangat berguna bagi masyarakat Indonesia, Khususnya masyarakat di Sumatera Selatan ini.

Pada kesempatan ini pula, Wakil Ketua Forum DAS Sumsel, Iwan Setiawan, S.Hut juga turut hadir dalam Seminar Nasional Hari Air Sedunia tersebut. Selain itu hadir pula anggota Forum DAS Sumsel yang lain, Rektor Universitas IBA Palembang, Dr. Ir. Karlin Agustina., M.Si yang juga menjabat sebagai ketua Bidang Humas & Pengembangan Kelembagaan Forum DAS Sumsel, Ir. Ruli Joko Purwanto, M.P dosen Univeristas IBA Palembang yang juga menjabat sebagai ketua Bidang Pemberdayaan & Peningkatan Kapasitas; Ir. Akhmad Junaedy., M.Si sebagai anggota Bidang Pengelolaan DAS Forum DAS Sumsel.

Untuk diketahui Forum DAS Sumsel anggotanya tidak pernah dibatasi. Anggota Forum DAS Sumsel terdiri dari berbagai unsur yang meliputi akademisi, swasta, pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pekerja media, asosiasi perusahaan, dan masyarakat umum pemerhati/pecinta lingkungan yang berfokus dalam mendukung terselenggaranya Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) secara terpadu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here