Dalam rangka percepatan pembangunan daerah, semakin disadari kebutuhan akan ketersediaan data spasial yang berkualitas untuk memberikan input yang baik dalam pengambilan kebijakan demi kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama yang komprehensif antara pemerintah daerah ditingkat provinsi dan kabupaten di Sumatera selatan dengan gerakan pramuka yang mampu berkontribusi pada pencapaian sasaran prioritas pembangunan daerah.

Hal inilah yang menjadi latar belakang diselenggarakannya kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Jaringan Informasi Gespasial Nasional di Tingkat Daerah dengan maksud untuk mengoperasionalisasikan Simpul Jaringan di Regional Sumatera dengan menyiapkan dasar hukum, peraturan dan kelembagaan dengan rencana aksi daerah serta terkoneksinya Geoportal di 10 Provinsi yang ada di Region Sumatera dengan penghubung Simpul Jaringan Nasional yang ada di Badan Informasi Geospasial (BIG), yang di selenggarakan pada tanggal 14-15 Maret 2018 di Hotel Aryaduta Palembang.

Tujuan dari rapat ini sendiri yaitu untuk meningkatkan kapasitas para peserta dalam melakukan pemetaan secara partisiatif, sebagai upaya mendukung pemerintah kabupaten mencapai target kebijakan Satu Peta terkait penyusunan batas desa, dengan menggunakan aplikasi “Peta Kita”.  Dalam rapat yang berlangsung dua hari ini, turut hadir Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here