Lingkungan memang sudah menjadi menjadi topik pembahasan dimana-mana. Karena lingkungan tidak hanya sebagai tempat tinggal atau sebuah kawasan untuk dinikmati. Lingkungan membutuhkan kepedulian dan upaya pelestarian yang cukup besar, dan pemuda sangat berperan penting dalam melestarikan alam selamanya.

Hal inilah yang menjadi tujuan diadakannya Seminar Lingkungan dengan tema “Pemuda dalam Pelestarian Lingkungan dan Mewujudkan Pagaralam Ecotourism” dan Pelantikan Laskar Muda Forum DAS Kota Pagaralam yang diadakan di Kota Pagaralam pada Rabu tanggal 17 Januari 2018.

Turut hadir sebagai pembicara dalam seminar lingkungan ini, Ketua Forum DAS Sumsel, Dr. Syafrul Yunardy, S.Hut.,M.E dan Laila Fahriati dari BPDAS HL-Musi. Seminar lingkungan ini dibuka oleh Walikota Pagaralam, Hj. Ida Fitriati Basjuni. Sebelum acara seminar dimulai, peserta juga mengikuti kegiatan kebersihan lingkungan di Simpang Manna. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kembali rasa gotong royong menjaga dan melestarikan lingkungan. Sebagai kota di Kaki Gunung berapi Dempo, Pagaralam merupakan paru-paru Sumsel yang jika alamnya terjaga dengan baik, maka bagian lain hingga ke hilir akan ikut baik pula begitu juga sebaliknya, jika bagian hulu di alam Pagaralam rusak maka bagian hilir akan lebih rusak.

Selain seminar lingkungan, dalam acara inipun juga berlangsung pelantikan Laskar Muda Forum DAS Kota Pagaralam. Berawal dari kesamaan visi antara pemuda dan mahasiswa, Laskar muda Forum DAS Kota Pagaralam terbentuk dan resmi dilantik di Aula Villa Gunung Gare Kota Pagaralam pada hari Rabu 17 Januari 2018. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Forum DAS Sumsel, Dr. Syafrul Yunardy, S.Hut.,M.E disaksikan Walikota Pagaralam, Hj. Ida Fitriati Basjuni. Laskar muda Forum DAS Kota Pagaralam ini dilantik untuk periode 2018-2020.

Menurut Ketua Forum DAS Sumsel bahwa dirinya percaya Laskar Muda Forum DAS Kota Pagaralam ini dapat melaksanakan tugas sesuai dengan undang-undang pengelolaandaerah aliran sungai. Laskar Muda Forum DAS bertugas memberikan rekomendasi dan masukan ke Pemerintah daerah terkait Pengelolaan DAS yang baik ke hilir dan tengah. Ketua Laskar Muda Forum DAS Kota Pagaralam periode pertama dilantik yaitu Minang Apri Wijaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here