Sebanyak 45 orang pengurus Laskar Muda Forum DAS Sumsel angkatan pertama telah resmi dilantik oleh Ketua Umum Forum DAS Sumsel, Dr. Syafrul Yunardy, S.Hut.,M.E di Hotel Horison Ultima Palembang hari Minggu tanggal 3 Desember 2017. Dengan Laskar Muda Forum DAS Sumsel dilantik secara resmi diharapkan dapat menjaga, mengajak dan mengedukasi DAS dan cinta lingkungan.

Pengurus yang dilantik adalah perwakilan mahasiswa dan mahasiswi dari 10 perguruan tinggi negeri dan swasta se-kota Palembang yang dijaring melalui kegiatan Forum DAS Sumsel goes to campus yang dilaksanakan di 5 perguruan tinggi, yaitu antara lain UIN Raden Fatah, Universitas IBA, Universitas IGM, Universitas Sriwijaya, dan yang terakhir di Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) beberapa waktu yang lalu.

Menurut Ketua Umum Forum DAS Sumsel, Dr. Syafrul Yunardy, S.Hut., M.E bahwa dirasakan perlu untuk meregenerasi dan adik-adik mahasiswa ini merupakan generasi potensial yang berasal dari berbagai jurusan. Para mahasiswa ini memiliki keterkaitan dan minat terhadap lingkungan. Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk menyalurkan semua minat dan bakat dari seluruh mahasiswa-dan mahasiswi yang tergabung dalam Laskar Muda Forum DAS Sumsel ini, sehingga dapat berkomitmen dan berkontribusi langsung, khususnya menjaga, mengajak dan mengedukasi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Laskar Muda Forum DAS Sumsel yang terpilih, Rycho Supriyadi mengatakan jika setelah dilantik seluruh anggota akan mengemban tugas untuk mensosialisasikan program menjaga lingkungan, mengajak dan mengedukasi masyarakat serta generasi muda agar dapat ikut serta menjadi bagian dalam menjaga lingkungan. Selain itu, menurutnya melalui organisasi ini, mereka dapat berkontribusi secara nyata dalam program lingkungan. Program kerja Laskar Muda Forum DAS Sumsel yang mendatang rencananya akan mengadakan goes to school yang bertujuan untuk mengajak adik-adik lainnya untuk cinta lingkungan. Kedepannya Laskar Muda juga mecanangkan program pembuatan gas dan pupuk dari sampah. Selain itu, Laskar Muda juga mendukung program gotong royong Pemerintah Kota Palembang, serta ikut menyusuri sungai Musi untuk memahami permasalahan dan mencari solusi terkait permasalahan yang ada di sekitar sungai Musi.

Walikota Palembang, H. Harnojoyo yang pada saat acara tersebut diwakili oleh Staf Ahli Wlaikota Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs. Hanafiah sangat mengapreasiasi keberadaan Laskar Muda Forum DAS Sumsel ini dan berharap dapat terus berkomitmen mendukung program lingkungan pemerintah Kota Palembang. Menurut Drs. Hanafiah, selama ini Pak Wali terus berupaya untuk mendorong dan mencontohkan kepada msyarakat untuk menjaga lingkungan, terutama dengan program gotong royong. Dengan adanya Laskar Muda Forum DAS Sumsel ini, terbukti bahwa masih banyak yang peduli dan tidak ragu untuk turun langsung dan dapat menjadi contoh secara nyata bagi masyarakat dan generasi muda lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here