Kepedulian terhadap lingkungan dan pelestarian alam tidak hanya tanggung jawab pemerintah pusat atau daerah saja, namun juga merupakan tanggung jawab yang dimulai dari diri sendiri setiap masyarakat Indonesia.

Dalam acara puncak peringatan hari menanam pohon dan bulan menanam nasional 2017 yang diselenggarakan diĀ  Kebun Raya Sriwijaya terletak di Desa Bakung, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir pada hari Selasa 28 November 2017, menurut Bapak Najib Asmani selaku Asistem Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengatakan bahwa Pemprov Sumsel sangat mendukung program-program di bidang lingkungan hidup. Salah satu buktinya dengan memberikan bantuan bibit sebanyak 2.000 batang pohon yang ditanam di Kebun Raya Sriwijaya dalam acara tersebut. Dengan adanya penanaman pohon di lokasi Kebun Raya Sriwijaya ini, beliau berharapĀ  nantinya dapat menjadi salah satu destinasi wisata alam di Ogan Ilir serta menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan.

Disela-sela acara penanaman pohon, diselenggarakan pula pengukuhan Laskar Muda Forum DAS Sumsel yang terdiri dari Forum Pemuda yang peduli terhadap lingkungan. Para mahasiswa relawan yang dikukuhkan ini berasal dari 10 Perguruan Tinggi se-kota Palembang. Walaupun sebenarnya kegiatan Laskar Muda Forum DAS Sumsel ini sudah bergerak sejak dua tahun lalu dengan menggandeng beberapa perguruan tinggi di Palembang. Namun adanya pengukuhan ini dan dengan bertambahnya anggota baru dari mahasiswa-mahasiswi Universitas se-kota Palembang maka diharapkan Laskar Muda Forum DAS Sumsel ini bisa lebih solid dan menjadi inspirasi bagi para pemuda-pemudi penerus bangsa dalam peduli dan membantu melestarikan lingkungan sekitar. Selain itu juga diharapkan dapat ikut serta berkontribusi bersama Forum DAS Sumsel dalam pembangunan hijau di Sumatera Selatan.

Asisten II Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemprov Sumsel, Ahmad Najib sangat menyambut baik dengan adanya Laskar Muda Forum DAS Sumsel ini. Karena untuk menjaga lingkungan dan hutan di Sumsel tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Pemprov Sumsel saja, namun kita semua juga memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menjaga dan melestarikan lingkungan serta hutan di Sumsel ini.

Kegiatan menanam pohon hendaknya menjadi kebiasaan hidup sehat bagi kita semua. Hal ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah. Pada akhirnya, kelestarian lingkungan kita dimulai dari kita sendiri. program ini tidak akan sukses, tanpa kesadaran akan kepedulian kita terhadap lingkungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here