Salah satu upaya yang dilakukan Forum Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Sumsel (Forum DAS Sumsel) untuk menjaga kualitas lingkungan agar tetap aman, yaitu dengan menggalakkan program Gos to Campus. Program ini merupakan agenda tahunan yang dimiliki oleh Forum DAS Sumsel. Sejauh ini Forum DAS Sumsel sudah menyelenggarakan rangkaian kegiatan Forum DAS Goes to Campus sebanyak 4 periode, yaitu Goes to campus UIN Raden Fatah, Goes to campus UIBA, Goes to Campus UIGM, Goes to Campus UNSRI. Terhitung dalam 4 periode tersebut kegiatan ini sudah sangat sukses terutama mengenalkan Forum DAS Sumsel kepada khalayak ramai khususnya kepada mahasiswa dan dosen. Selain itu, Forum DAS Sumsel dalam acara ini berhasil merekrut banyak mahasiswa-mahasiswi dari seluruh universitas se-kota Palembang menjadi anggota Laskar Muda Forum DAS Sumsel.

Program Forum DAS Sumsel Goes to Campus kali ini berlangsung di kampus Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) yang bertempat di Aula Rektorat pada tanggal 27 Oktober 2017, dihadiri oleh beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Palembang, diantaranya, UMP, UIN Raden Fatah, Unpal, Universitas IBA, UIGM, UNSRI, Universitas Tridinanti Palembang dan kampus lainnya. Program Forum DAS Goes to Campus yang dilakukan di UMP ini merupakan kegiatan periode ke-5 dan menjadi periode terakhir pada tahun 2017. Kegiatan ini akan berlanjut pada tahun 2018 dengan jumlah putaran periode yang akan dicanangkan oleh Forum DAS Sumsel lebih banyak lagi.

Dalam acara ini turut hadir pula Wakil Ketua Forum DAS Sumsel, Iwan Setiawan, S.Hut; Manager Biophysial Data dan MER (Monitoring, Evaluation, Reporting) ZSL-Kelola Sendang, Bonnie Dewantara, Wakil Rektor III UMP selaku yang mewakili Rektor, Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P yang akanmenjadi pembicara dalam seminar tersebut serta Rektor Universitas IBA, Dr. Karlin Agustina., M.Si yang ditunjuk sebagai moderatornya.

Di kesempatan ini selain menyelenggarakan seminar lingkungan, Forum DAS Sumsel juga mengajak UMP dan 3 Universitas swasta lain bekerjasama dengan penandatangan MoU, yaitu Universitas Palembang, Universitas Tridinanti dan STIPER Sriwigama. Tujuan kerjasama ini diharapkan untuk dapat ikut serta dalam  membantu kerja Forum DAS Sumsel dalam menjaga lingkungan dalam pembangunan hijau di Sumatera Selatan.

 

 

Ketua Umum Forum DAS Sumsel, Dr. Syafrul Yunardy, S.Hut.,M.E mengajak para mahasiswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam menjaga lingkungan, salah satunya adalah dengan mengajak mahasiswa untuk menanam pohon. Selain itu Forum DAS Sumsel memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin bergabung pada lembaga Laskar Muda Forum DAS agar dapat ikut berperan lebih pada lingkungan hidup. Karena diharapkan dengan adanya peranan mahasiswa yang peduli dan menjaga lingkungan, tentu akan menjadikan Forum DAS Sumsel dapat memberikan kontribusi yang baik dalam pembangunan di Sumsel.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here