Menjaga kelestarian lingkungan adalah kewajiban bagi kita bersama, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan tindakan nyata sebagai upaya pelestarian lingkungan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa ancaman kerusakan lingkungan menjadi isu di seluruh dunia. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 5 Juni dan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan yang diperingati pada tanggal 17 Juni, Forum DAS Sumsel menyelenggarakan “PEKAN FORUM DAS SUMSEL” pada tanggal 13-16 Juni 2017. Kegiatan ini juga bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Di kesempatan ini Forum DAS Sumsel menggandeng mitra kerja yaitu BPDASHL Musi, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan. Plasma Nutfah Lestari (PLANTARI) Sumatera Selatan, WRI Indonesia, World Agro Forestry Centre, ZSL-Kelola Sendang dan Yayasan Belantara. Rangkaian kegiatan dalam Pekan Forum DAS Sumsel adalah, Pameran Lingkungan yang menampilkan beberapa produk hasil kerjasama Forum DAS dengan Universitas Indo Global Mandiri (IGM) serta beberapa kreasi dari barang bekas yang dihasilkan oleh Laskar Muda Forum DAS.

 

Lomba Jelajah Sampah, lomba ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan tujuan mendorong kepedulian dan memberikan pemahaman kepada generasi muda khususnya mahasiswa betapa pentingnya pengelolaan sampah dan bagaimana mahasiswa dapat mengambil langkah nyata untuk mengelola lingkungan. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa perguruan tinggi di Kota Palembang. Dalam lomba ini yang beruntung mendapatkan piala bergilir kali ini adalah mahasiswa dari Program studi Budidaya Perairan Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

 

 

Lomba Menggambar  Poster yang diikuti 19 peserta yang berasal dari berbagai sekolah di Kota Palembang. Tema yang dilombakan adalah hutan, bencana alam, sungai, kearifan lokal Sumatera Selatan dan Lingkungan Perkotaan. Dalam lomba ini Juara pertama dimenangkan oleh M. Denny Fahlevy siswa dari SMP Negeri 17 palembang, juara ke-2 dimenangkan oleh Niwanda Garini Dianingtyas siswi dari SMP Negeri 14 Palembang, juara ke-3 dimenangkan oleh M. Bara Pratama Hirjianto siswa dari SD Muhammadiyah 6 Palembang, dan juara ke-4 dimenangkan oleh Pingtan Umari siswa dari SMP Negeri 19 Palembang.

Lomba mendongeng diikuti oleh pelajar SD yang berasal dari Kota Palembang dengan durasi 15 menit, masing-masing peserta harus mendongeng sesuai dengan caranya masing-masing. Juara pertama dimenangkan oleh Kansa, juara kedua Maki’al siswa SD Muhammadiyah 1 Palembang, juara ketiga Elsa siswa dari SD Negeri 66 Palembang.

 

Talkshow, kegiatan ini mengusung tema “Pengelolaan Lanskap Secara Terpadu dan Berkelanjutan dalam Upaya Mendukung Pembangunan Hijau di Sumatera Selatan”. selain seminar dalam acara talkshow ini berkesempatan juga dilakukan penandatangan MoU kerja sama antara Forum DAS Sumsel dan PLANTARI. Kegiatan talkshow ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan, Panji Cahyono, S.Hut.,M.Si dan menghadirkan beberapa narasumber yaitu Ketua Forum DAS Sumsel, Dr. Syafrul Yunardy, S.Hut.,M.E; Direktur PLANTARI, Ir. Bagyo Wilujeng; ZSL-Kelola Sendang, Asep Adhi Kerana; dan Coordinator of South Sumatera, Ifran Destianto Imanda, yang dipandu oleh Dr. Ir. Sabaruddin, M.Sc akademisi dari Univeristas Muhammadiyah yang seklaigus menjadi pembina PLANTARI. Acara ini diikuti oleh 100 peserta yang sebagian besar mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Palembang.

 

Bakti Sosial, merupakan ajang peduli sesama melalui 1001 rimbawan berbagi. Bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan, Forum DAS Sumsel menyalurkan sumbangan dari para donasi berupa pakaian lauak pakai, uang tunai, dan sembako ke beberapa panti asuhan di Kota Palembang.

 

Rangkaian acara “PEKAN FORUM DAS SUMSEL TAHUN 2017” ini diakhiri dengan acara buka puasa bersama. Buka puasa bersama ini melibatkan seluruh keluarga besar kehutanan Sumatera Selatan, mitra dan panti asuhan di Kota Palembang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here