Salah satu bagian dari upaya untuk memperkuat berjalannya pertumbuhan ekonomi hijau adalah dengan menyediakan regulasi yang mendukung pelaksanaan program dan kegiatan. Saat ini telah tersedia Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Selatan Nomor 8 tahun 2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan/atau Lahan. Selain itu juga  telah terbit Perda Nomor 5 tahun 2013 tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Terpadu di Sumatera Selatan. Sedang disusun pula dokumen Rencana Pembangunan Hijau Provinsi Sumatera Selatan (Green Growth Plan of South Sumatra Province) yang akan menjadi cetak biru (blue print) program pembangunan Sumatera Selatan yang berkelanjutan. Melalui regulasi yang mengatur pengelolaan lahan dan hutan, tanah dan air, serta udara maka tujuan dari pembangunan secara lestari akan mudah untuk dicapai.

Untuk memberikan informasi yang utuh dan terpadu terkait landasan yang menjadi pijakan pembangunan hijau maka diperlukan adanya upaya sosialisasi regulasi yang ada di Sumatera Selatan. Sosialisasi ini juga diharapkan dapat menjadi media untuk penyadartahuan para pihak terhadap pentingnya membangun secara berkelanjutan.  Oleh karena itu, sebagai salah satu komponen di Sumatera Selatan maka Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Provinsi Sumatera Selatan atau yang lebih dikenal dengan Forum DAS Sumatera Selatan membantu secara penuh untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi rencana implementasi pertumbuhan hijau melalui upaya sosialisasi dan penyadartahuan.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 4 November 2016 di Hotel Grandzuri Palembang. Acara ini dihadiri oleh Perusahaan Anggota Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) Sumsel, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Sumsel, Kelompok Pengusaha Karet Sumsel, Kelompok Pengusaha Kopi Sumsel, SKPD berbasis lahan, Peserta dari Insansi Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Sumatera Selatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here