Sejak terbentuk pada pertengahan Juni 2016 silam, kiprah Laskar Muda Forum DAS Sumsel dalam dunia sampah mulai terlihat geliatnya. Dalam berbagai kesempatan, mereka hadir untuk kampanye lingkungan. Misinya adalah menyebarkan mindset bijak sampah dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Kali ini Laskar Muda Forum DAS Sumsel (Lasmud) beraksi dalam rangkaian acara bedah buku akbar yang diprakarsai oleh Perhimpunan Alumni IPB Sumsel. Tema utama bedah buku ini adalah tentang tanaman hidroponik. Kehadiran Lasmud Forum DAS Sumsel senada dengan konsep hidroponik portable dengan memanfaatkan aneka barang bekas sebagai media tumbuh.

Acara ini diadakan di Kambang Iwak Family Park. Para lasmud Forum DAS Sumsel menggelar berbagai aksi kampanye antara lain Jelajah Smapah, Pembagian Bibit tanaman gratis, serta tutorial olah sampah. Dalam acara tutorial, pengunjung dapat belajar membuat aneka kreasi dari plastik dan koran, dan hasil karya pengunjung tersebut dapat dibawa pulang.

Aksi Laskar Muda Forum DAS Sumsel kali ini dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2016, masih mengusung semngat Sumpah Pemuda, mereka mengambil tema “Dengan Sumpah Pemuda, Kita Dukung Indonesia Bijak Sampah”. Sebagai upaya kampanye, tanpa kenal malu dan risih, para Laskar Muda melaksanakan jelajah sampah di sekitar lokasi. Sampah yang terkumpul nantinya akan dipilah, sebagian dibuang di tempat sampah terdekat dan sebagian lagi dikumpulkan untuk di daurulang menjadi berbagai barang kreasi.

Mereka berharap dengan aksi jelajah sampah ini dapat membuka kesadaran orang-orang yang masih suka membuang sampah sembarangan agar menjadi lebih bijak sampah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here